Pages

Mengembalikan Data yang hilang akibat virus

Bookmark and Share
Sebenarnya ini masalah yang udah lama banget, komputer kita kena virus? Gampangnya install anti virus atau pake antivirus portable, dan lenyaplah semua virus yang mengganggu itu. Tapi setelah dicek, timbul masalah…
“Kenapa datanya juga ikut hilang…?!”

Jangan panik, masih ada kemungkinan bisa diatasi. Ada dua kemungkinan, kalau nggak data kamu yang memang bener-bener didelete ama virusnya, ada kemungkinan lain yang lebih besar, yaitu data kamu Cuma di sembunyikan atributnya.

Sebuah file mempunyai berbagai macam atribut, diantaranya adalah: Read Only, Archive, System, Hidden. Nah, dalam kasus atributnya dalam posisi Hidden, data kamu enggak bakal muncul, walau dengan mode “show hidden files” sekalipun, bahkan melalui DOS nggak bakal kelihatan. Solusinya Cuma satu (..jangan tanya gw penjelasannya gimana ya…, sama gw gak ngerti banget).

1. Buka command atau klik start -> run…-> tuliskan CMD -> OK

2. Beri perintah menunjuk folder atau lokasi dimana data yang hilang, misalnya di D:, ketik aja D: lalu enter…

3. Masukkan perintah berikut:

attrib –s –h *.* /s /d

4. Periksa kembali folder kamu, mudah-mudahan filenya bisa balik lagi.
Perintah itu juga berlaku untuk flashdisk, dan ingat, jangan di format dulu sebelum kembali semua datanya, kalau udah diformat kemudian baru dibalikin atributnya, yah sama aja… filenya udah terhapus, kecuali pake tool kusus untuk ngembaliinnya.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar